BREAKING NEWS

Gelar Unjuk Rasa di Monumen Kapal Selam Surabaya, AMP Dihadang Polisi

Saat aparat kepolisian mengemukakan alasan dihadangnya massa unjuk rasa, AMP  Surabaya di Monumen Kapal Selam. (Foto : Yube/KM)
Surabaya, (KM/PitooNews) --- Puluhan mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Kota Surabaya menggelar aksi unjuk rasa di Monumen Kapal Selam  dihadang oleh gabungan TNI/Polri. Kamis (14/07/2016).

Dalam aksi unjuk rassa itu, AMP menuntut  untuk meluruskan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 1969  yang  penuh manipulative yang di lakukan oleh Indonesia Belanda dan Amerika. Dan AMP mendukung  United Liberation movement for West Papua (ULMWP) masuk menjadi keanggotaan penuh  di Melanesian Spearhead Groups (MSG).

Sementara itu, saat polisi menghadang massa unjuk rasa, Polisi mengemukan beberapa  alasan yang sempat ditangkap oleh www.kabarmapegaa.com sbb:

Pertama,  Indonesia telah faksi bahwa Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 1969 itu sudah final

Kedua, mengenai surat pemberitahuan untuk masa aksi tidak sampai pada pihak kepolisian.

Ketiga, menentang hak menetukan nasib sendiri sebagai demokrasi kemerdekaan bangsa Papua sebagai anti NKRI.

Kemudian, menurut massa unjuk rasa, sebelum tiga hari aksi berlangsung, mereka sudah mengantar surat izin aksi dan pemberitahuan kepada pihak terkait.

Namun, menurut pihak kepolisian bersih keras untuk memperkuat alasan mereka.

Kemudian pada kesempatan yang sama itu, Korlap aksi, Sander T mengaku, sueat izin aksi telah sampai kepada pihak Polisi.

"Kami sudah membuta surat pemberitahuan kepada polisi sebelum tiga hari aksi ini berlangsung, tetapi mengapa Polisi hadang kami," tegasnya

Hari ini, lanjut Dia, kami darang aksi menuntut  untuk meluruskan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 1969  yang  penuh manipulative itu. " juga AMP Surabaya turun untuk dukung ULMWP menjadi anggota penuh di MSG" katanya

"Aksi AMP kali ini digelar memperingati hari pertama dilakukanya Pepera tepatnya pada 14 Juli 1969 silam, umurnya 47 tahun" ujar Korlap aksi  Sander T  kepada wartawan kabarmapegaa.com

Disela-sela itu, Ballo  anggota AMP,  juga menambakan  “ Untuk penghadangan hari ini kita mundur bukan menjadi ukuran dan semangat tetap untuk berjuang, tetapi  besok kita melakukan aksi ini dengan masa aksi yang banyak,” katanya

Pantauan media ini di lapangan, massa unjuk rasa menuntut  untuk meluruskan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 1969  yang  penuh manipulative yang di lakukan oleh Indonesia Belanda dan Amerika juga mendukung ULMWP masuk sebagai anggota penuh di MSG.

Kata Korlap, ULMWP sebagai wadah Persatuan perjuangan pembebasan hadir dalam pertemuan tingkat tinggi Negara-negara MSG di Kepulauan Solomon Island.

“Dalam upaya naikan status keanggotaan peningjau, menjadi anggota penuh di MSG sebagai jalur Legal guna mencapai hak penentuan nasib sendiri bagi rakyat Papua,” tutupnya.(Frans Pigai/PN)


Editor   : Manfred Kudiai
Sumber : www.kabarmapegaa.com

PITOO NEWS Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.