BREAKING NEWS

Yan Christian Warinussy : Saya Ikut Pertemuan di Jakarta Atas Nama Personal Bukan Komponen

Tengah diskusi berjalan,Sabtu (09/09) siang, di Kantor DAP, Jl. Pahlawan Manokwari (Fhoto : Pet/KM)


Manokwari, PitooNews.com – Dalam forum diskusi yang digelar Sabtu (11/09) siang, di Gedung Dewan Adat Papua wilayah Manokwari tepat Jalan Pahlawan adalah diskusi berupa klarifikasi soal kencangnya dialog Sektoral Jakarta-Papua setelah hadirnya 14 Tokoh  Papua di Jakarta pada beberapa waktu lalu. 

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, mengatakan kehadirannya ke Jakarta adalah kata dia dirinya datang ke Istina Negara (Jakarta) atas nama personal bukan komponen atau atas nama orang Papua,katanya dengan tegas.

“saya datang ke Jakarta di Istana Negara atas nama personel bukan komponen atau pun atas nama orang asli Papua”.

Kata Yan, sekali pun pihaknya hingga ke Jogya bertatap wajah dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam pertemuan tersebut dirinya tak memiliki ruang besar untuk menyampaikan presepsi soal dialog Jakarat-Papua ini.

“disaat itu secara pribadi tak diberikan waktu yang panjang untuk saya berbicara dalam forum itu”.

Untu itu dijelaskan Warinusy, dirinya ikut berpartisipasi dalam pertemuan itu sesuai jalur kerja dia dan kasipasita hukum secara pribadi melihat kekerasan kemanusiaan di Papua, bukan hal lainnnya. Karena dirinya menilai advokasi soal nilai kemanusiaan adalah tupoksinya.

“saya kesana dengan jalur kerja saya secara pribadi sesuai kapasitas dan kinerja hukum menyelesaikan kekerasan kemusiaan di Papua. Bukan hal lainnya. Karena hal lainnya bukan kewenangan saya untuk harus saya bicarakan. Saya hanya mengadvokasi soal kemusiaan di Papua”.

Dan dalam pertemuan yang digelar siang tadi beberapa organ politik perjuangan kemerdekaan Papua telah menghadiri. Diantaranya, KNPB, NRFPB dan WPCL. Ketiga organ politik tersebut ditingkat internasional telah dipersatukan melalui lembaga reprentatif orang asli papua yakni United Liberation movement for West Papua (ULMWP).

Ketiga organ politik perjuangan kemerdekaan Papua diwilayah Manokwari diatas ini telah menyatakan bersama dengan tegas menolak dialog Jakarta-Papua tersebut.

Penolakan keras ini muncul setelah presiden Jokowi mempercayakan Pater Dr. Neles Tebay, Pr sebagai koordinator Jaringan Damai Papua untuk mempersiapkan dialog antara Jakarta  dan Papua setelah beberapa tokoh Papua bertemu dengan presiden Joko Widodo di istana presiden beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Hasil pantauan, diskusi kali ini berjalan baik dan dihadiri puluhan orang.

Pewarta : Petrus Yatipai

PITOO NEWS Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.