BREAKING NEWS

Belajar Adalah Proses Pembentukan Tingka Laku Seseorang.


Duk.Penulis (E.Gobai/PN)

Oleh : Engelbertus Gobai

OPINI,(PitooNews) --- Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku seseorang. Perubahan yang disadari dan timbul akibat praktek, pengalaman, latihan bukan secara kebetulan. Teori belajar pada dasarnya mencari jawaban atau mengkaji pertanyaan mengapa perubahan-perubahan itu terjadi, bukan mengkaji bagaimana perubahan itu.

Teori-teori belajar akan banyak membantu bagaimana mengembangkan teori-toeri pengajaran, yakni menyusun strategi pengajaran atas dasar prinsip dan kaidah-kaidah yang ada dalam teori belajar. teori ini mengemukakan bahwa jiwa manusia mempunyai daya-daya. Daya-daya ini adalah kekuatan yang tersedia manusia hanya memanfaatkan semua daya itu dengan cara melatihnya sehingga ketajamannya dirasakan ketika dipergunakan untuk suatu hal. Daya-daya itu misalnya daya mengenal, daya mengingat,daya berfikir, dan sebagainya.

Sebuah teori belajar ini berpendapat bahwa keseluruhan lebih penting dari bagian-bagian. Sebab keberadaan bagian-bagian itu didahului oleh keseluruhan. Dalam belajar, itu tergantung hal-hal berikut: kesanggupan atau kemampuan diri. Pengalaman, karena belajar akan mendapatkan pengalaman dan pengalaman itu akan mempermudah memecahkan suatu masalah baru. Belajar dengam focus akan dapat mempertinggi kesanggupan yang bersamaan dengan yang telah dipelajari. Untuk cara belajar, tidak semua orang sama, dan melalui diskusi memahami, ada yang duduk sendiri belajar, dan lain-lain. 

Penulis adalah Mahasiswa Papua,Kuliah di Manokwari
Editor : Petrus Yatipai

PITOO NEWS Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.