BREAKING NEWS

KNPB Wilayah Mnukwar, Dukung Kanaky Referendum


Fhoto Dukungan KNPB Wilayah Mnukwar, Selasa (18/09) Sore.
Manokwari,PITOONEWS - Perjuangan yang panjang Bangsa Melanesia Kanaky telah lalui. Tibalah saatnya untuk Bangsa Kanaky menentukan nasib mereka sendiri menjadi sebuah Negara yang merdeka dan berdaulat melalui pintu Refendum. Direncanakan Referendum siap dilaksanakan 4 November 2018 ini. Disamping itu dukungan terhadap Refendum Bangsa Kanaky terus mengalir dari berbagai pihak diseluruh pelosok Dunia.

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Mnukwar bersama beberapa Sektor wilayah pun kembali menyerukan dukungan berat terhadap Referendum bagi Bangsan Melanesia Kanaky.

Dukungan KNPB wilayah Mnukwar terhadap pembebasan penentuan sendiri, alias Referendum dilaksanakan dalam bentuk Doa dan konferensi pers, di skretariat KNPB Mnukwar, selasa, (18/09) sore.

Ketua KNPB Mnukwar, Alexander Nekenem dalam orasi pernya menegaskan KNPB sebagai Media Rakyat West Papua secara Nasional di memberikan dukukungan Rakyat Papua kepada Bangsa KANAKY untuk Referendum.

Kata Alex, Pada hari ini kami KNPB Mnukwar bersama Mahasiswa dan Rakyat West Papua  di Manokwari, secara resmi mendukung penuh untuk KANAKY Referendum, tegasnya.

Dikatakan Nekenem, KANAKY sebagai Bangsa Melanesia yang secara resmi bergabung Dalam MSG, yang akan Referendum bulan November.

Alexander Nekenem selaku Ketua umum KNPB Wilayah Manokwari menghimbau agar semua pihak di Manokwari  memberikan dukungan bagi Bangsa Kanaky untuk Refendum,ajaknya.

Anggota KNPB Mnukwar/PN
“Kami mengimbahu kepada seluruh bangsa papua di manokwari yang sedang berjuang papua merdeka, orang papua yang ada di sistim pemerintaan, swasta, LSM, Mahasiswa serta seluruh Rakyat untuk melakukan dukunngan dalam bentuk Doa kepada KANAKY sehingga hasil referendum yang didapatkan sesuai dengan harapan rakyat Kanaky.”

kata dia, Merdeka lebih baik dari pada terjajah dan musnah. Kami mendukung referendum kemerdekaan di New Kaledonia (Kanaky) 4 November 2018. Kami percaya pada masa depan rakyat Kanaky yang lebih baik bersama FLKNS untuk mengambil alih kedaulatan penuh. Itulah cara satu-satunya untuk menyelamatkan rakyat Kanaky dari ancaman pemusnahan dan eksploitasi sumber daya alam oleh penjajah. Memilih opsi kemerdekaan akan menempatkan derajat dan harga diri bangsa Kanaky, tetapi juga Melanesia yang setara dengan bangsa-negara lain di dunia.

Anggota KNPB Mnukwar/PN
Dirinya mewakili Rakyat Papua wilayah Manokwari secara tegas menolak segala propaganda kolonial Perancis untuk mempertahankan status quo. Bahwa esensi pokok dekolonisasi adalah mendorong rakyat di wilayah koloni untuk mengatur dirinya sendiri, termasuk pertahanan, keamanan internal, mata uang, peradilan dan kebijakan luar negerinya sendiri. Dengan Sumber pertambangan Nikel, Pariwisata dan Perikanan yang besar kami sangat percaya FLNKS mampu mengelola dengan sistem sosialis yang menjadi cita-cita bagi bangsa Kanak.

Unutuk itu, pihak mengambarkan Kami rakyat West Papua adalah contoh buruk dari rekayasa kolonial. Kami sadari bahwa segala propaganda pembangunan kolonial tidak akan membebaskan dan mempertahankan eksistensi bangsa Papua di West Papua. Kami adalah korban kegagalan dekolonisasi. Sebagai sesama wilayah koloni, kami menyampaikan bahwa kemerdekaan lebih dari pada terjajah dan musnah. Kami akan selalu mendukung rakyat Kanaky agar menentukan masa depan yang baik bersama FLNKS. Dari kami yang masih terjajah, West Papua. Akhir dari kegiatan ini melakukan foto bersama dan membubarkan diri dengan aman.

Dikesempatan yang sama senada pula diungkapkan oleh Sekretaris KNPB Wilyah Mnukwar, Melkias Beanal.

“kami sebagai media rakyat West Papua tak lupah mendukung Referendum untuk Kanaki”.

Apa lagi, Kata Melki, Bangsa Kanaky adalah Bangsa Ras Melanesia yang satu etnis dengan Bangsa Papua, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Sektor KNPB Wilayah Pantai Amban, Yoram Yikwa pun melaporkan Rakyat Papua bersama anggota sektor di Pantai Amban melakukan ibadah dan menyatakan dukungan penuh kepada kanaky yang akan referendum pada 04 november 2018.

Francis sebagai bangsa yang memiliki demokrasi sehingga kanaky punya hak secara damai memilih masa depan dengan baik, tutur yoram.

Tambah yoram bahwa harapan bangsa papua sama dengan kanaky. Yang akan referendum Tuhan kehendak kami west papua akan referendum sama seperti kanaky. Kami akan doakan kepada kanaky untuk menang referendum.

Selanjutnya yikwa mengatakan rakyat papua dan sektor KNPB amban pantai mendukung penuh referem kanaky , Kami rakyat West Papua adalah contoh buruk dari rekayasa kolonial. Kami sadari bahwa segala propaganda pembangunan kolonial tidak akan membebaskan dan mempertahankan eksistensi bangsa Papua di West Papua. Kami adalah korban kegagalan dekolonisasi. Sebagai sesama wilayah koloni, kami menyampaikan bahwa kemerdekaan lebih dari pada terjajah dan musnah. Kami akan selalu mendukung rakyat Kanaky agar menentukan masa depan yang baik bersama FLNKS. Setelah ibadah dan yatakan dukungan mereka foto bersama dan membubarkan diri.

Sesuai data yang diterima wartawan kabarmapaga bahwa, tiga Sektor KNPB wilyah di mnukwar pun telah  melakukan ibadah dan dukungan di sekretariat sektor KNPB yang ada. Jadi, dikabarkan  untuk laporan kewilayah pusat KNPB Mnukwar pada besok harinya, (19/09).

Pewarta : Petrus Yatipai

PITOO NEWS Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.